Blue Hole Belize ini tentunya dikenal sebagai ruang kosong bawah tanah yang terbentuk di pinggiran sungai dan pulau karbonat. Di mana tempat wisata ini sudah memiliki sisi atas terbuka ke permukaan.

Umumnya, lubang-lubang tersebut memiliki kedalaman yang jauh besar dari permukaan laut. Kedalamannya yang besar ini tentunya akan membuat lubang tersebut tampak berwarna biru, sehingga seringkali dikenal sebagai lubang biru.

The Great Blue Hole Belize

Blue hole sampai saat ini masih menjadi salah satu tempat wisata yang misteri. Bahkan kedalamannya yang cukup besar membuat lubang tersebut sangat sulit ditelusuri. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait fakta yang perlu diketahui dari Blue Hole Belize, antara lain:

1. Lubang Laut Terbesar di Dunia

Baca Juga :  3 Daya Tarik Blue Lagoon Jogja dan Jam Operasional

Blue Hole ini berada di Belize, bahkan jaraknya hanya sekitar 100 km dari pelabuhan Belize City. Lubang laut tersebut tentunya menjadi salah satu blue hole yang sampai saat ini paling populer.

Hal tersebut karena merupakan blue hole terbesar di dunia. Lubang ini juga telah berbentuk sama seperti lingkaran yang hampir sempurna. Di mana ukurannya memiliki diameter sekitar 984 kaki, atau lebih dari 300 meter.

Kedalaman Blue Hole Belize saat ini diketahui telah tercatat sekitar 410 kaki atau 125 meter. Ukurannya yang cukup besar, menjadikannya lubang laut ini paling besar di dunia.

2. Mulai dikenal Tahun 1971

Kehadiran tempat wisata ini sebenarnya telah diketahui sejak lama oleh para nelayan kota Belize. Namun, lubang biru ini mulai dikenal dunia sejak tahun 1971.

Terutama, ketika ahli biologi kelautan yang berasal dari Perancis, Jacques-Yves Cousteau, mengunjungi tempat tersebut. Mantan perwira angkatan laut ini tentunya pergi bersama timnya.

Di mana dirinya menjelajahi kedalaman Blue Hole Belize hanya dengan menggunakan Calypso. Calypso sendiri memang termasuk salah satu kapal penyapu ranjau milik Inggris. Di mana kapal tersebut telah dimodifikasi menjadi laboratorium oseanografi bergerak di Cousteau.

3. Situs Warisan Dunia UNESCO

Keunikan dan letak dari Great Blue Hole sendiri membuatnya masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Lubang tersebut tentunya sudah berada di dekat pusat karang Lighthouse, dan atol karang alami.

Ini tentunya juga sudah termasuk ke dalam bagian dari sistem terumbu karang besar Belize. Sistem terumbu karang Belize tersebut menjadi salah satu sistem terumbu karang terbesar ke-2 di dunia.

4. Dulunya Berada di Daratan

Great Blue Hole yang sekarang ini bisa diperkirakan telah terbentuk pada masa glasial akhir. Masa glasial akhir tersebut tentunya berlangsung sekitar 120.000 tahun sampai 15.00 tahun silam.

Awalnya lubang tersebut juga termasuk ke dalam salah satu gua batu kapur yang terbentuk sekitar 153.00 tahun lalu di daratan. Pada masa itu, tentunya sudah ada permukaan air yang berada tepat sekitar 400 -500 kaki lebih rendah.

Baca Juga :  5 Daya Tarik Palawan di Filipina Membuat Wisatawan Betah

5. Destinasi Selam Menantang

Banyak sekali penyelam yang bermimpi untuk memiliki kesempatan menyelam di Blue Hole Belize. Keindahan akan struktur bawah laut pada lubang tersebut tentunya akan menggugah semangat penyelam dari seluruh dunia.

Meski dari atas terlihat terbuka dan lapang, namun ternyata Great Blue Hole ini sudah memiliki sistem gua yang luas dan kompleks. Bahkan, diperlukan pula keterampilan menyelam yang sangat baik jika berkunjung kesini.

Hal ini tentunya agar mampu bernavigasi di dalam air. Oleh karena itu, hanya penyelam profesional dan berpengalaman yang paling sedikitnya 24 kali menyelam, baru boleh diizinkan masuk ke dalam lubang laut Belize.

Sebab, ketika menyelam, akan terlihat 40 kaki dari permukaan. Di mana nantinya penyelam akan langsung menemukan susunan batu kapur yang berpasir. Hiu-hiu karang juga sangat sering ditemukan pada bagian dari Blue Hole Belize tersebut.

Anda mungkin juga menyukai:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *